Menggunakan Fungsi Create Database Di MySQL

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat database dengan menggunakan MySQL melalui CMD. Sebelum itu sebenarnya apasih gunanya membuat database? Database sangat diperlukan jika anda membuat sebuah program berbasis objek. Di dalam program tersebut harus ada database untuk menyimpan data. Lalu apa yang terjadi kalau sebuah program tidak ada database? Program tersebut masih bisa dijalankan kok namun, data-data yang pernah kita input kedalam program tersebut tidak akan tersimpan. Makanya, kalau dibilang apakah database itu penting saya jawab sangat penting. Database menurut saya itu adalah otaknya dari sebuah program. Baca juga, Mengetahui Informasi Server Di cPanel

Di dalam MySQL ada banyak perintah, salah satunya adalah perintah Create. Perintah ini bisa kita gunakan untuk membuat database maupun membuat sebuah tabel. Contoh perintahnya seperti gambar dibawah ini:
Fungsi Create Database MySQL
Penjelasannya sebagai berikut:
create database AzuRa;
Perintah ini digunakan untuk membuat database. Di sini saya ingin membuat database dengan nama AzuRa. Anda bisa ganti sendiri namanya sesuai keinginan.
use AzuRa;
Perintah ini digunakan untuk memilih database yang telah kita buat tersebut. Nantinya semua data akan tersimpan ke database ini.
mysql> create table admin(
-> id int,
-> nama varchar(25),
-> primary key(id));

Perintah ini digunakan untuk membuat sebuah tabel. Misal di dalam database AzuRa saya ingin membuat sebuah tabel dan saya beri nama tabel tersebut admin. Lalu didalam tabel admin, saya ingin ada dua buah kolom yaitu kolom id dan kolom nama. Dan jangan lupa untuk mengatur Primary Key (kode uniknya).
mysql> show tables;
Perintah ini digunakan untuk menampilkan semua tabel yang ada didalam database. Jadi, semua tabel yang telah anda buat akan ditampilkan. Sebenarnya kita bisa juga loh menampilkan isi dari tabel, tapi lain kali akan saya bahas.

Begitulah cara sederhana dalam membuat sebuah database dan tabel di MySQL lewat CMD. Tapi tak jarang ada error saat kita membuat database atau pun tabel, itu dikarenakan kita kurang teliti. Pastikan anda telah menyisipkan titik koma sebelum perintah tersebut dijalankan.

Iklan Atas

Iklan Paragraf

Iklan Bawah

Iklan Paling Bawah

Memuat...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika membutuhkan bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya. Terima kasih!