Cara Backup Folder wp-content Dan Database

Jika anda berniat memindahkan blog anda ke hosting yang baru, ada dua hal penting yang harus anda lakukan. Hal pertama, anda harus membackup semua data di hosting yang lama dan menyimpannya di komputer. Apa saja data yang harus kita backup? Data-datanya meliputi gambar yang pernah kita upload, theme, plugin, dan database MySQL. Untuk postingan biasanya tersimpan di dalam database kita bisa melihatnya melalui phpMyAdmin. Sedangkan, untuk gambar, theme, dan plugin semuanya ada di folder wp-content. Dan hal kedua yang harus kita perhatikan sebelum memindahkan blog ke hosting yang baru adalah mengarahkan domain ke server hosting yang baru. Jika kita sudah melakukan backup terhadap datanya, langkah berikutnya adalah mengarahkan domain ke server hosting yang baru. Lalu kemudian kita bisa mengimport data yang telah kita backup tersebut ke hosting yang baru. Lihat juga, Melakukan Full Backup Blog

Itulah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum kita pindah ke hosting yang baru. Itu dilakukan agar nantinya data kita tidak ada yang hilang. Nah, untuk melakukan backup terhadap folder wp-content dan database (.sql) caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, Login ke cPanel
  2. Lalu pilih File Manager. Setelah itu pilih folder public_html > wp-content
  3. Pada folder wp-content klik kanan, lalu pilih Compress
    Cara Backup folder wp-content
  4. Pada Compression Type pilih Zip Archive, lalu klik Compress File
    Cara Backup folder wp-content
  5. Nanti folder wp-content akan menjadi wp-content.zip, klik kanan lalu pilih Download dan simpan ke komputer anda
    Cara Backup folder wp-content
  6. Pada tahap ini, kita sudah berhasil melakukan backup terhadap folder wp-contentnya. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah melakukan backup terhadap semua database. Caranya buka phpMyAdmin, setelah itu pilih Export. Pada Export Method, pilih Quick dan kemudian klik Go
    Cara Backup Database SQL
Lalu tunggu sampai proses unduhannya selesai. Biasanya memakan waktu beberapa menit, tergantung seberapa besar ukuran databasenya. Semakin banyak konten blog anda semakin besar pula isi databasenya.

Seperti itulah cara melakukan backup blog WordPress secara manual. Kalau saya sih lebih suka menggunakan cara ini untuk memindahkan isi blog ke hosting yang baru. Dari pada menggunakan plugin tambahan, kadang beberapa data bisa hilang dan tidak terpindahkan sepenuhnya. Kalau memindahkan secara manual, dijamin isi data blog aman dan data tidak ada yang hilang. Sebab, saya sudah beberapa kali mencobanya. Tidak terhitung sudah beberapa kali saya gonta-ganti hosting. Heheh.. oke! Selamat mencoba ya!
Memuat...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika membutuhkan bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya. Terima kasih!