Uji Tampilan (Desain) Blog Dengan Inspect Element

Kalau berbicara mengenai tampilan blog, saya sangat semangat sekali. Menurut saya, siapa saja dapat mengedit tampilan blognya sesuai dengan yang diinginkannya dan dengan caranya sendiri. Tampilan blog Mediaku.Net sudah beberapa kali mengalami perubahan. Rasanya tidak pernah bosan dalam mengedit tampilan blog ini. Kalau sudah mengedit tampilan blog kadang saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Yang paling lama itu adalah dalam pemilihan warna. Saya ingin blog Mediaku ini memiliki warna tampilan yang berkarakter. Jadi, kesannya lebih gampang diingat oleh pengunjung. Hehe.. Lihat juga, Batasan Fetch As Google Perhari

Selama ini untuk merubah desain tampilan blog saya menggunakan NotePad++ dan Inspect Element. Pasti anda sudah tahu fungsi dari masing-masing alat tersebut ya kan? Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan disini. Notepad++ merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi sebagai media atau tempat untuk mengedit koding. Lebih gampang mencari koding yang kita ingin edit melalui aplikasi Notepad++ ini. Termasuk mengedit template blog, juga bisa dilakukan disini. Nah, kalau Inspect Element ini berfungsi untuk menganalisa koding tampilan blog kita. Dulu saya juga kurang paham dalam menggunakan Inspect Element ini, namun seiring berjalannya waktu saya mulai tahu cara kerjanya.

Nah, dengan Inspect Element ini kita bisa melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap desain blog kita, jika sudah oke barulah kita terapkan ke template blog kita. Begitulah cara kerjanya. Kita bisa menentukan bagian mana dari tampilan yang ingin kita edit. Contohnya, kalau kita ingin merubah warna latar belakang pada sidebar, klik kanan lalu pilih Inspect Element setelah itu arahkan kursor ke sidebar blog kita. Nanti akan muncul jendela editor CSS seperti ini:
Uji Tampilan Dengan Inspect Element
Tinggal ubah warna background sesuai dengan yang diinginkan. Begitu juga kalau kita ingin mengedit tampilan yang lainnya. Tapi, tampilan yang sudah kita edit tidak bisa langsung diterapkan di blog loh. Kita harus mengeditnya melalui Notepad++ dan mencari kodingnya secara manual. Contohnya, pada Inspect Element koding yang muncul diatas adalah #sidebar-wrapper tinggal salin saja koding tersebut dan buka template blog anda menggunakan Notepad++, lalu cari koding tersebut. Pada tahap ini anda harus teliti, sebab biasanya koding tersebut tidak hanya ada satu melainkan ada banyak. Kalau tidak berhati-hati bisa-bisa akan berpengaruh ke tampilan blog anda. Bukannya jadi bagus, malah menjadi hancur.

Makanya, kita harus berhati-hati dalam mengganti koding CSS-nya. Yang paling gampang adalah kalau sudah ketemu cocokan saja item-item dibawahnya, kalau sudah cocok tinggal ganti saja sesuai dengan yang diinginkan. Lalau barulah diterapkan ke blog.

Dengan menggunakan Inspect Element, kita juga dapat menguji apakah tampilan blog kita sudah termasuk responsive ataukah belum. Pokoknya, banyak sekali fungsi dari alat ini. Oke! Seperti itulah cara sederhana menguji tampilan blog dengan menggunakan Inspect Element.

Berikan komentar untuk "Uji Tampilan (Desain) Blog Dengan Inspect Element"

Posting Komentar

Jika anda mengalami kesulitan silahkan tinggalkan sebuah komentar disini ya. Terima kasih!

Iklan Atas

Iklan Paragraf

Iklan Bawah

Iklan Paling Bawah

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika butuh bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya, Facebook: Fadhly - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli