Cara Menggunakan Plugin WP 404 Auto Redirect

Seperti yang kita ketahui, kalau kita baru saja pindah dari Blogspot ke WordPress, semua postingan dan halaman yang sudah terindeks di Google tidak akan dapat diakses lagi. Kalau kita mencoba mengaksesnya maka akan muncul pemberitahuan kalau halaman tersebut tidak tersedia (Not Found). Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi halaman-halaman yang tidak ditemukan di Google. Salah satunya adalah dengan melakukan pengalihan (redirect) terhadap halaman-halaman tersebut.

Yap! Dengan melakukan pengalihan terhadap semua halaman yang URL-nya sudah berubah tersebut kita tidak perlu khawatir untuk kehilangan trafik. Baca juga, Ubah Alamat Blog WordPress Ke WWW

Enaknya di WordPress kita tidak perlu repot-repot untuk menyisipkan script pengalihan ke dalam blog. Sebab, di WordPress sudah banyak disediakan plugin yang dapat membantu kita untuk menangani halaman yang tidak ditemukan.

Salah satu plugin yang menurut saya cukup bagus adalah plugin WP 404 Auto Redirect To Similar Post. Plugin ini mampu mengalihkan semua postingan yang sudah terindeks di Google dan sudah tidak bisa diakses ke postingan yang memiliki judul yang mirip. Sehingga, jika di Google masih ada postingan yang terindeks menggunakan URL Blogspot yang lama postingan tersebut akan secara otomatis dialihkan ke URL WordPress yang baru. Sehingga tidak akan terjadi error 404 saat halaman tersebut diakses. Hebatkan? Yap!

Lalu bagaimana cara menggunakan plugin WP 404 Auto Redirect To Similar ini? Berikut adalah cara mengatur plugin WP 404 Auto Redirect To Similar, yaitu:
  1. Pertama, instal dan aktifkan plugin WP 404 Auto Redirect To Similar ini di blog anda
    Cara Menggunakan Plugin WP 404 Auto Redirect
  2. Setelah itu, masuk ke menu Settings lalu pilih WP 404 Auto Redirect
    Cara Menggunakan Plugin WP 404 Auto Redirect
  3. Pada Fallback Behavior pilih Redirect To Homepage. Pada Redirections Headers pilih 301 Status
    Cara Menggunakan Plugin WP 404 Auto Redirect
  4. Lalu klik Save
Nah, sekarang semua link postingan lama yang sudah tidak bisa diakses akan langsung dialihkan ke halaman baru yang memiliki judul postingan yang mirip. Tapi kalau seandainya tidak ada satu halaman pun yang judul postingannya mirip, maka halaman tersebut akan dialihkan ke halaman utama dari blog kita.

Serta dengan memilih 301 Status, maka semua halaman akan dialihkan secara permanen. Ini menurut saya sangat bagus, karena dapat mencegah halaman Not Found dan juga duplikasi postingan di Google. Oke! Selamat mencoba!

Berikan komentar untuk "Cara Menggunakan Plugin WP 404 Auto Redirect"

Posting Komentar

Jika anda mengalami kesulitan silahkan tinggalkan sebuah komentar disini ya. Terima kasih!

Iklan Atas

Iklan Paragraf

Iklan Bawah

Iklan Paling Bawah

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika butuh bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya, Facebook: Fadhly - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli