Dikecualikan Oleh Tag Noindex

Pada saat saya mengunjungi Google Search Console, saya melihat salah satu blog saya beberapa halamannya (postingannya) banyak dikecualikan oleh tag noindex. Setidaknya ada 66 halaman yang dikecualikan oleh Google Search Console. Saya tetap tenang dan berusaha tidak panik. Seperti yang kita ketahui tag noindex digunakan apabila kita ingin salah satu halaman atau beberapa halaman agar tidak terindex di Google.
Dikecualikan Oleh Tag Noindex
Tag noindex ini juga digunakan untuk mencegah terjadinya duplikat konten di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex. Kalau tag noindex ini digunakan dengan benar, maka akan memberi manfaat untuk blog kita. Dan sebaliknya, jika tag noindex ini salah digunakan maka akan berakibat buruk terhadap blog kita. Salah satunya adalah postingan tidak akan terindex di Google. Baca juga, Limit Fecth As Google Perhari

Makanya, kita harus berhati-hati dalam menggunakan tag noindex ini. Nah, kembali ke topik pembahasan. Lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah halaman yang banyak dikecualikan di Google Search Console karena tag noindex?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus tahu dulu halaman atau URL seperti apakah yang dikecualikan karena tag noindex. Untuk mengeceknya, masuk ke Google Search Console pilih Liputan > lalu klik Dikecualikan. Setelah itu pilih Dikecualikan Oleh Tag Noindex. Gulir kebawah nanti akan muncul halaman apa saja yang dikecualikan karena tag noindex:
Dikecualikan Oleh Tag Noindex
Pada gambar diatas terlihat ada 66 halaman di blog saya yang dikecualikan karena tag noindex. Itu artinya halaman tersebut tidak akan terindex oleh Google. Kalau kita gulir kebawah nanti akan terlihat semua halaman yang dikecualikan tersebut. Salah satunya seperti ini:
Dikecualikan Oleh Tag Noindex
Kalau anda melihat URL seperti diatas, jangan terlalu panik. Sebab, menurut saya memang wajar sih halaman tersebut dikecualikan oleh Google. Karena, coba anda perhatikan dibelakang URL-nya ditambahkan /feed kalau tetap di index maka akan terjadi duplikat konten dengan konten aslinya. Itu artinya akan ada dua buah URL yang index dengan konten yang sama.

Saya juga iseng-iseng mengecek apakah memang benar bahwa halaman tersebut menggunakan tag noindex, dan hasilnya seperti ini:
Dikecualikan Oleh Tag Noindex
Ternyata memang benar halaman tersebut menggunakan tag noindex seperti pengujian diatas. Jika anda mengalami masalah dikecualikan oleh tag noindex seperti saya, anda tidak perlu khawatir. Dan kita juga tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengatasi hal tersebut. Sebab, halaman yang dikecualikan tersebut sebenarnya berguna agar blog kita terhindar dari duplikat konten di Google. Sehingga nantinya postingan kita mampu bersaing di Google. :)


Berikan komentar untuk "Dikecualikan Oleh Tag Noindex"

Posting Komentar

Jika anda mengalami kesulitan silahkan tinggalkan sebuah komentar disini ya. Terima kasih!

Iklan Atas

Iklan Paragraf

Iklan Bawah

Iklan Paling Bawah

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika butuh bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya, Facebook: Fadhly - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli