URL Dikirimkan Memiliki Masalah Crawling

Tidak terasa sekarang kita sudah memasuki pertengahan tahun 2023. Semoga di tahun ini saya bisa lebih konsisten menulis setiap hari di blog Mediaku.Net. Dan semoga blog Mediaku ini bisa lebih cepat berkembang. Heheh.. Tahun baru semangat baru. Di awal tahun ini saya akan mengulas mengenai permasalahan yang terjadi di Google Search Console (dulunya bernama Google Webmaster Tools). Salah satu permasalahan yang terjadi yaitu munculnya pesan:
"URL yang dikirimkan memiliki masalah Crawling"
URL Masalah Crawling
Saya tidak tahu pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apa mungkin dikarenakan sebelumnya saya merubah semua tanggal pada postingan saya? Mungkin bisa jadi itu salah satu penyebabnya. Google yang awalnya telah mengindeks postingan saya ditahun 2017, tiba-tiba tahunnya berubah sehingga munculah permasalahan tersebut. Tapi, itu masih asumsi saya. Karena sebelumnya memang saya merombak abis tahun pada postingan saya. Awalnya tidak ada masalah, tapi setelah saya mengganti semua tanggal postingan munculah peringatan seperti gambar diatas. Lihat juga, Dampak Merubah Tanggal Postingan

Setidaknya ada 20 buah halaman saya yang Google anggap mengalami masalah perayapan (crawling). Cuplikannya sebagai berikut:
URL Masalah Crawling
URL Masalah Crawling
Kalau kita lihat pada gambar diatas Google melakukan crawling terakhir pada bulan September, lama sekali ya kan? Saya rasa masalah diatas bisa teratasi jika Google melakukan crawling kembali. Tinggal tunggu waktu saja sampai Google-bot melakukan perayapan ulang terhadap postingan-postingan yang bermasalah diatas.

Dan tahukah anda semua postingan saya yang mengalami masalah crawling tersebut tidak terindeks di Google. Hmmm... menyedihkan. Saya cek satu persatu ternyata memang tidak terindeks di Google. Nah, untuk memancing agar postingan tersebut bisa muncul lagi dan agar Google-bot merayapi postingan kita yang bermasalah tersebut, kita bisa memanfaatkan Fetch As Google. Masukan semua URL postingan yang mengalami masalah diatas di Fetch As Google, dan tunggu sampai Google mengindeks kembali postingan kita.

12 Komentar

  1. halo agan.. tiba tiba saya mengalami masalah yang sama nih.. cara masukkan ke fetch as google itu gimana caranya ya gan ? terimakaish bantuanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke Google Search Console, lalu pilih Inspeksi URL mas

      Hapus
    2. ga hilang troublenya gan.. justru trouble itu muncul setelah inspeksi URL gan. baru ada masalah itu dia muncul

      Hapus
    3. Butuh waktu mas agar masalah tersebut bisa hilang

      Hapus
  2. Terimakasih Gan uda di terapkan, semoga tidak eror lagi linknya :)
    Sukses selalu ya Blognya hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih Gan di coba dulu

    BalasHapus
  4. blog sy sering mengalami "URL yang dikirimkan memiliki masalah crawling" , ketika halaman atau postingan setelah diedit , salah satu cara di inspeksi dan indexing ulang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pengalamannya mas :D

      Hapus
  5. wah samaa nih masalhnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)