Halaman Banyak Dikecualikan Oleh Search Console

Tidak lama lagi tampilan Google Webmaster Tools akan segera digantikan dengan tampilan baru Search Console. Dulunya namanya Google Webmaster Tools dan sekarang telah diubah menjadi Search Console. Kalau saya tidak salah perubahan tampilan sepenuhnya akan diterapkan diakhir bulan Maret ini. Tapi, kita bisa langsung merasakan perubahan tampilan dan menggunakan fitur di Search Console yang baru kapan pun kita inginkan. Untuk tampilan Search Console yang baru ini pokoknya lebih rapi dibanding sebelumnya. Menu-menunya juga disusun dengan rapi. Lihat juga, Indeks Sitemap Turun

Ada salah satu menu yang cukup menarik perhatian saya. Jika kita mengakses menu Liputan pada Search Console akan terlihat ada sebuah tabel pengecualian. Awalnya saya kaget saat membuka menu ini, sebab ada banyak halaman yang dikecualikan oleh Search Console.
Halaman Dikecualikan Search Console
Seperti yang terlihat pada gambar ada 952 buah halaman milik blog Mediaku.Net yang dikecualikan oleh Search Console. Itu bukanlah angka yang sedikit. Lantas saya penasaran, halaman apa saja yang dikecualikan oleh Search Console kemudian saya klik tabel pengecualian tersebut dan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Halaman Dikecualikan Search Console
Kalau dilihat dari gambar paling banyak halaman yang dikecualikan adalah dengan kategori Anomali Crawling. Apa itu Anomali Crawling? Anomali Crawling adalah halaman postingan yang sudah terindeks sejak lama, lalu ada perubahan struktur permalink sehingga saat Google-bot merayapi halaman tersebut sudah tidak ditemukan lagi. Seperti halnya yang terjadi pada blog Mediaku. Ketika membeli domain .net ini, rupanya dulu sudah ada yang menggunakan domain ini sebelum saya. Awalnya saya tidak menyadari, tapi ketika melihat banyaknya halaman yang dikecualikan oleh Search Console barulah saya tahu bahwa sebelumnya domain .net sudah pernah digunakan oleh orang lain. Sehingga, saya harus lebih giat lagi untuk mengoptimalkan domain ini. Sebab, banyak sekali halaman yang tidak ditemukan.

Anomali Crawling Search Console
Kalau di WordPress enak untuk mengalihkan halaman yang tidak ditemukan, sedangkan di Blogspot kita mesti satu persatu untuk mengalihkannya. Kalau halaman yang tidak ditemukan sebanyak itu, capek juga ya kan? Heheh..

Tapi, seiring dengan berjalannya waktu permasalahan seperti diatas pasti bisa teratasi. Yang terpenting, harus rajin-rajin mencari informasi mengenai masalah ini.

4 Komentar

  1. lalu bagaimana cara mengatasinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di alihkan saja mas link-link yang tidak ditemukan tersebut di bagian Setelan > Preferensi Penelusuran > Pengalihan Khusus :)

      Hapus
  2. caranya giman gan, boleh minta contohnya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal alihkan saja halaman2 yang tidak terpakai tersebut, dengan menggunakan Redirect 301 (permanen)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)