Crawler Utama Di Google Search Console

Hai! Sahabat Mediaku.Net. Ada yang menarik dengan Google Search Console yang baru. Pada Google Search Console yang baru, jenis crawler (perayap Googlebot) dibagi menjadi dua macam, yaitu crawler Dekstop dan crawler Mobile. Kita sendiri tidak dapat mengaturnya. Google sendirilah yang menentukan jenis crawler apa yang cocok dengan blog kita.
Crawler Utama Di Google Search Console

Misalnya, kalau situs kita banyak diakses lewat hp maka Google akan memprioritaskan crawler utamanya menjadi crawler Mobile. Dan sebaliknya, kalau situs kita banyak diakses lewat komputer maka crawler utamanya akan berubah menjadi crawler Dekstop. Saya sendiri sudah mengalaminya. Baca juga, Mengatasi CloudFlare Error 524

Salah satu blog saya, rata-rata kalau dilihat dari laporan Google Analytics banyak diakses melalui hp. Kebanyakan trafik pengunjungnya berasal dari pengguna yang menggunakan hp untuk mengakses blog saya.

Nah, berdasarkan laporan tersebut Google Search Console menetapkan Mobile sebagai crawler utama di blog saya tersebut. Sedangkan pada blog Mediaku, pengunjungnya banyak berasal dari komputer dan crawler utamanya pun diatur menjadi Dekstop.

Seperti yang saya katakan, kita tidak dapat mengganti atau pun merubah crawler utama kita di Google Search Console. Semuanya itu diatur otomatis oleh Google. Sehingga, tidak ada pilihan untuk mengganti crawler utamanya.

Jika anda menanyakan kepada saya, crawler manakah yang lebih saya inginkan saya akan menjawab crawler Mobile. Apa alasannya? Sebab, jika situs kita banyak diakses melalui hp kesempatan untuk mendapatkan pendapatan yang lebih banyak peluangnya akan jauh lebih besar. Saya sendiri sudah merasakannya.

Berbeda sekali jika banyak yang mengakses lewat komputer. Tapi, bagaimana pun itu tergantung hoki dari masing-masing orang ya kan. Heheh...

Oke! Deh! Sekian penjelasan saya mengenai crawler utama di Google Search Console. Semoga bisa memberikan manfaat untuk semuanya.

2 Komentar

  1. Saya malah ingin crawel utama dari dekstop mas. Sudah nyari-nyari memang tidak bisa kita rubah sesuai keinginan.
    Kekurangan crawel dipilih dari Smartphone adalah url default kita akan susah di index.
    Pengalaman saya index berkali-kali postingan tidak diterima alias gagal. Setelah itu saya tambahin dibelakang url dengan ?m=1 langsung ke index ga sampai sehari.
    Jadi mungkin tips buat temen2 lain jika emang fokus ke user smartphone, input index url diberi ?m=1 supaya sedikit lebih cepat untuk di index.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)