Perubahan Alamat Domain Di Google Search Console

Ada beberapa hal penting yang harus kita lakukan jika kita berganti domain lama ke domain yang baru, diantaranya adalah mengarahkan domain lama ke domain yang baru. Mengapa kita perlu mengarahkan domain lama ke domain yang baru? Itu dilakukan agar kita tidak kehilangan trafik pengunjung. Kan sayang juga trafik pengujung domain lama hilang begitu saja ya kan? Makanya untuk mengantisipasi hal tersebut kita perlu melakukan Redirect 301 (Permanen) dari url domain lama ke url domain yang baru.

Dengan melakukan pengalihan situs secara permanen, itu dapat mencegah terjadinya duplikat konten di mesin penelusuran misalnya seperti Google, Bing, dan Yandex. Serta ada juga hal lain yang mesti diperhatikan, yaitu kita harus mengkonfirmasi perubahan alamat domain di Google Search Console.

Cara untuk mengkonfirmasi perubahan alamat domain di Google Search Console sangat mudah sekali. Tapi sebelum itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu domain lama dan domain baru telah terdaftar di Google Search Console. Serta, kita harus melakukan Redirect 301 dari domain lama ke domain baru. Yap! Hanya dua itu saja syaratnya. Simpel kan? Lihat juga, Mengatur Target Negara Di Google Search Console

Setelah syarat diatas terpenuhi barulah kita dapat melakukan perubahan alamat domain di Google Search Console. Berikut adalah tutorial melakukan pergantian alamat di Google Search Console, yaitu:
  1. Pertama, kunjungi situs Google Search Console
  2. Kemudian, pilih situs domain lama anda lalu klik Setelan
    Perubahan Alamat Domain Di Google Search Console
  3. Setelah itu pilih situs dengan domain yang baru, lalu klik Validasi & Update
    Perubahan Alamat Domain Di Google Search Console
  4. Jika berhasil, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
    Perubahan Alamat Domain Di Google Search Console
  5. Selesai!
Sekarang kita telah berhasil memberitahu Google Search Console tentang perubahan alamat domain. Oh, iya! Perlu diketahui perubahan alamat ini memakan waktu lebih kurang 3 bulan. Usahakan domain lama anda tetap teralih ke domain yang baru selama 3 bulan atau lebih. Kalau kita tidak arahkan, maka perubahan alamat domain akan gagal.

Nah, seperti itulah cara melakukan perubahan alamat domain di Google Search Console. Bagaimana? Mudahkan? Selamat mencoba! :)

16 Komentar

  1. Kalo pakai blogspot mungkin lebih mudah ya gan, tapi pindah domain website wordpress agak ribet gan.. apa mungkin saya yang salah langkah waktu memindahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ganti domain, tinggal arahin aja mas domain lama ke yang baru :)

      Hapus
  2. apakah setelah 3 bulan lebih domain lama yang ada disearch console akan hilang (terhapus) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di redirect secara permanen tidak akan tampil lagi di Google mas

      Hapus
  3. cara redirect semua artikel di blogger bagaimana ya mas?

    BalasHapus
  4. Bang, apakah cara ini juga mencakup untuk custom domain ke TLD?

    BalasHapus
  5. Halo kak saya mau nanya kemarin kan saya udah beli custom domain nah domain gratis blogspot yang sblumnya udh di daftarin di google search console dan udh ada traffic, jdi mending di redirect 301 atau di daftarin lagi.

    BalasHapus
  6. Maksudnya gimana kak 2 syarat di atas domain lama sama domain baru harus terdaftar di google search console, berarti domain baru harus kita daftarin juga di google search console ?

    BalasHapus
  7. Kak kalau kita udh sementara proses redirect pemindahan apa perlu juga kita buat blog baru trus pulihkan semua konten lama ke blog baru?

    BalasHapus
  8. Berarti dalam masa perubahan alamat dalam periode 3 bulan lebih itu, domain lama harus tetap ada (aktif) ya mas agar bisa meredirect?

    BalasHapus
  9. Bang mau nanya, kalo artikel di domain lama diposting ulang di domain baru apa gimana??

    BalasHapus
  10. Artikel di blog lama harus diposting ulang min??

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)