Solusi URL Yang Dikirimkan Ditandai Noindex

Siang tadi saya baru saja membuka email lewat hp, saya terkejut membaca salah satu pesan yang dikirimkan oleh Google Search Console. Di pesan tersebut tertulis bahwa ada sebuah masalah yang terjadi pada blog Mediaku.Net ini. Di email juga dikatakan bahwa masalah tersebut dapat berdampak negatif pada halaman penelusuran di Google.

Lantas saya langsung buka laptop dan masuk ke Google Search Console. Dan inilah pesan yang saya maksud tersebut:
URL Yang Dikirimkan Ditandai Noindex
Di bawahnya ada keterangan "URL yang dikirimkan ditandai noindex". Saya pikir postingan saya yang menggunakan tag noindex, rupanya pas saya klik Perbaiki masalah Liputan menggunakan Search Console ternyata tidak. Yang ditandai dengan tag noindex adalah kategori postingan saya. Baca juga, Cara Submit URL Di Gigablast
URL Yang Dikirimkan Ditandai Noindex
Saya sedikit lega, karena postingan saya tidak ada yang menggunakan tag noindex. Bahaya juga kalau sempat postingan saya menggunakan tag tersebut, bisa-bisa sebagian postingan saya tidak akan muncul di penelusuran.

Dan saya baru ingat, bahwa masalah diatas terjadi dikarenakan sebelumnya semua kategori saya atur ke noindex lalu kemudian saya ingin agar kategori tersebut muncul di Google. Tapi, sayangnya saya lupa menghapus tag noindexnya. Makanya, Google Search Console mengirimkan saya sebuah pesan. Hehee..

Untuk memperbaiki masalah URL yang ditandai tag noindex cukup mudah sekali. Caranya sebagai berikut, yaitu:
  1. Masuk ke plugin All in One Seo
  2. Lalu, hapus centang pada Use Noindex For Categories
    URL Yang Dikirimkan Ditandai Noindex
  3. Kemudian Save
Tinggal tunggu saja perubahan yang terjadi di Google Search Consolenya. Cara diatas dimaksudkan apabila kita ingin agar semua kategori postingan terindeks di Google, kita harus menghapus tag noindexnya. Kalau kita tetap menggunakan tag noindex sampai kapan pun kategori postingan kita tidak akan tampil di Google.

Begitulah cara mengatasi URL yang ditandai dengan tag noindex. Kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan tag noindex ini, jangan sampai ceroboh postingan kita beri tag noindex itu akan berakibat fatal sekali. Jadi, harus berhati-hati ya! Heheh.. Lihat juga, URL Dikirimkan Memiliki Masalah Crawling

Updated (Juli 2020)
Setelah menunggu beberapa minggu akhirnya saya mendapatkan sebuah email dari Google Search Console, yang isinya menyatakan bahwa permasalahan yang terjadi pada situs saya telah berhasil diperbaiki. Ini cuplikan pesan singkatnya:
URL Yang Dikirimkan Ditandai Noindex
Seperti yang saya bilang, butuh waktu yang lama agar permasalahan diatas bisa teratasi. Yang terpenting lakukan saja cara yang saya jelaskan seperti diatas. Oke! Selamat mencoba!

4 Komentar

  1. Itu kalo pake plugin all in one, lha blog saya pake yoast dan satunya lagi gak pke plugin sama sekali. solusinya giman ndan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau lebih mudah nya pakai plugin noindex saja mas :)

      Hapus
  2. kalau pakai rankmath gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya belum pernah coba menggunakan Rankmath mas

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)