Penjelasan Tentang Tabel Prefix Di WordPress

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Table Prefix? Kalau menurut saya, tabel prefix berfungsi agar suatu tabel didalam database namanya tidak terduplikasi. Contohnya, saya punya tabel dengan nama post, nah untuk mencegah terjadinya ada 2 tabel atau lebih dengan nama yang sama tapi fungsi yang berbeda, maka diawal nama tabel tersebut saya sisipkan semacam kode unik misalnya "Byh06T_". Maka kalau digabungkan menjadi, Byh06T_post. Seperti gambar dibawah ini:
Penjelasan Tentang Tabel Prefix Di WordPress

Semua tabel yang ada didalam database, saya sisipkan kode unik tersebut. Nah, itulah sebenarnya yang dinamakan tabel prefix. Dengan tabel prefix, akan mencegah terjadinya error apabila ada 2 tabel dengan nama yang sama.

Kalau di blog WordPress tabel prefix ini defaultnya adalah "wp_". Maka semua tabel yang ada otomatis diawali dengan wp_. Begitu juga yang terjadi pada tabel saya. Pada saat saya membuat blog, tabel prefixnya otomatis terbuat dengan sendirinya. Simak juga, Mengatasi Sitemap Error Not Found

Penjelasan Tentang Tabel Prefix Di WordPress

Oh, iya saya juga ada pengalaman dengan tabel prefix. Ketika saya memindahkan blog saya ke hosting yang baru terjadi "Error establishing a database connection". Pada waktu itu saya tidak tahu apa penyebabnya. Saya cek nama user, nama database, dan kata sandinya sudah cocok. Setelah saya cari tahu, ternyata penyebabnya ialah tabel prefix.

Nama tabel prefix yang ada di file wp-config.php tidak sama dengan yang ada di database. Oalah! Ketika saya ganti, dan coba akses blog saya ternyata memang benar itu penyebabnya. Blog saya pun berhasil diakses, setelah saya mengganti nama tabel prefixnya. Heheh.. saya anggap itu sebagai pembelajaran. Lihat juga, Cara Redirect URL 301 Di LiteSpeed

Dengan tabel prefix pula, kita dapat menutup celah keamanan di situs kita. Kebanyakan situs di hack, dikarenakan script yang mengubah settingan nama tabel prefixnya. Makanya, otomatis blog tidak bisa diakses. Kalau anda cek di file wp-config.php masih menggunakan tabel prefix wp_, sebaiknya anda ganti saja. Karena itu merupakan tabel prefix default WordPress.

6 Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)