Buat Domain Di Blogspot Dan Subdomain Di WordPress

Pada beberapa waktu yang lalu, saya pernah memposting mengenai pengalaman beli hosting di IdCloudHost. Dan sekarang, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengatur agar subdomain bisa dipakai di hosting lain atau hosting berbeda.

Maksudnya judul postingan diatas ialah membuat dan mengarahkan subdomain kita ke hosting lain. Mengapa kita mesti mengarahkan segala subdomain ke hosting lain? Alasannya yaitu apabila kita ingin membuat sebuah blog WordPress dengan menggunakan subdomain dari domain blog kita.

Contohnya saya, saya sudah berhasil mengarahkan subdomain m.mediaku.net ke hosting IdCloudHost. Domain mediaku.net saya gunakan di Blogspot. Dan subdomain m.mediaku.net, saya gunakan di WordPress. Baca juga, Cara Ubah Alamat Blog WordPress Ke WWWW 

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara saya melakukannya? Ya kan? Hmmm.. caranya sangat mudah sekali kok. Agar subdomain bisa bekerja di hosting lain, kita harus tahu dulu alamat IP hostingnya. Dan yang paling utama adalah anda harus sudah memiliki sebuah hosting. Yang nantinya akan digunakan untuk membuat blog WordPress dengan subdomain dari domain kita. Jika kita tidak memiliki hosting, kita tidak bisa membuat blog WordPressnya.

Kalau sudah tahu, tinggal kita arahkan saja subdomain kita ke alamat IP hosting yang sudah kita beli tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara mengarahkan subdomain ke hosting lain, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah anda harus membuat terlebih dahulu subdomain di cPanel hosting yang baru. Caranya, masuk ke cPanel hosting baru lalu pilih Subdomains:
    Buat Domain Di Blogspot Dan Subdomain Di WordPress
  2. Kemudian, buatlah subdomain yang anda inginkan. Jika sudah, jangan lupa klik Create untuk membuat domain tersebut:
    Buat Domain Di Blogspot Dan Subdomain Di WordPress
  3. Kini, subdomain yang kita inginkan sudah berhasil dibuat. Nah, langkah selanjutnya ialah membuat subdomain di domain utama kita. Masuklah ke pengaturan DNS dari domain anda, lalu pilih DNS Management. Setelah itu, arahkan subdomain ke hosting tersebut. Contohnya, saya mengarahkan subdomain m.mediaku.net ke IdCloudHost dengan alamat IP 103.55.39.194:
    Buat Domain Di Blogspot Dan Subdomain Di WordPress
Kalau kita sudah mengarahkan subdomain ke hosting dengan benar, silahkan coba akses subdomain tersebut. Kalau berhasil diakses, selamat... saya ucapkan. Hehehe.. Langkah terakhir adalah tinggal anda instal saja WordPress di subdomain tersebut. Tapi kalau masih bingung, silahkan coret-coret dengan meninggalkan komentar dibawah ini. Oke! Selamat mencoba ya!

6 Komentar

  1. Terimakasih infonya bang, oiya mau tanya, kalo satu penyedia nama Doamin dan hosting yang sama?

    Barrti kita buat terlebih dahulu subdoamin nya,
    Setelah jadi subdoamin, baru kita Padang ke Wollpres dengan hosting yang sama?

    BalasHapus
  2. selamat siang bang, mau tanya nih. saya beli domain my.id langsung ke paket wordpresshosting idcloudhost, tp saya pengen bikin subdomain untuk platform blogspot. bagaimana caranya bang mohon bagi ilmunya! karena tidak ada Cpanel, (paket wp 5000/bulan)

    BalasHapus
  3. Mas bantu saya,
    Bagaimana caranya membuat misalnya seperti ini

    https;//domain,com di wordpress
    Dan
    https;//www, domain,com di blogger

    Saat ini saya memasang tanpa www di wordpress, dan ingin membuat yang ada www ny di blogger, tapi belum tau caranya

    BalasHapus
  4. Bang saya sudah coba, kenapa masih gagalyah, tulisan tidak bisa di akses

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)