Membuat Nameserver (NS) Sendiri Di ClouDNS

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam membuat nameserver sendiri di ClouDNS. Pasti akan terlihat keren jika sebuah domain memiliki nameserver sendiri. Contohnya, seperti ns1.mediaku.net, ns2.mediaku.net, ns3.mediaku.net, dan ns4.mediaku.net. Bagaimana kerenkan? Kalau anda menggunakan akun ClouDNS premium, anda bisa membuat nameserver tersebut. Baca juga, Penyedia Layanan DNS

Sebelum membuat nameserver sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya ialah domain telah mempunyai fitur Private Nameserver (Child Nameserver). Jika ditempat kita membeli domain tidak menyediakan fitur tersebut, maka kita tidak akan bisa membuat nameserver sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa anda tanyakan pada tempat anda membeli domain tersebut.

Berikut cara membuat nameserver sendiri di ClouDNS, yaitu:
  1. Pertama, Login ke ClouDNS
  2. Kemudian edit nameserver milik ClouDNS, menjadi nameserver yang anda inginkan. ClouDNS memiliki 4 buah nameserver, yaitu pns101.cloudns.net (185.136.96.99), pns102.cloudns.net (185.136.97.99), pns103.cloudns.net (185.136.98.99), dan pns104.cloudns.net (185.136.99.99). Ganti semuanya menjadi seperti dibawah ini:
    Name Server Sendiri ClouDNS
  3. Setelah anda merubah nameservernya menjadi nameserver milik anda, lalu buatlah sebuah record A dengan mengklik tombol Add New Record. Anda harus membuat 4 buah record A dengan 4 buah alamat IP milik ClouDNS. Ini contoh penambahan record A, berarti ada 3 lagi yang harus anda tambahkan seperti gambar dibawah ini tiap record A arahkan ke alamat IP ClouDNS diatas. Untuk Host (isi dengan NS1), dan untuk Point To (isi dengan alamat IP milik ClouDNS)
    Name Server Sendiri ClouDNS
  4. Sampai ditahap ini kita telah berhasil membuat nameserver sendiri di ClouDNS. Langkah berikutnya, Login ke domain anda, lalu pilih Private Nameserver. Buatlah 4 buah nameserver dengan alamat IP nameserver ClouDNS seperti ini:
    Name Server Sendiri ClouDNS
  5. Jika sudah, kini nameserver telah siap kita gunakan. Tinggal ganti nameserver lama anda, ganti ke nameserver yang baru anda buat.
Perlu diketahui, perubahan nameserver membutuhkan waktu. Jika nameserver anda bekerja, bisa dilihat saat anda mengakses situs anda. Kalau terhubung, berarti selamat anda kini telah memiliki nameserver sendiri. Tidak terlalu rumit sebenarnya membuat nameserver sendiri. Jika anda mengalami masalah bisa anda tanyakan disini. Selamat mencoba!

Iklan Atas

Iklan Paragraf

Memuat...

Iklan Bawah

Iklan Paling Bawah

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika butuh bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya, Facebook: Fadhly - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli