Cara Redirect URL 301 Di LiteSpeed Pakai .htaccess

Saat ini saya masih bertanya-tanya apakah bisa kita menggunakan kode redirect 301 (permanent) di blog yang server hostingnya telah menggunakan LiteSpeed. Seperti yang kita ketahui server LiteSpeed jauh lebih baik daripada Nginx dan Apache. LiteSpeed mampu meningkatkan peforma blog berkali lipat.

Kalau Nginx memang dari dulu tidak support .htaccess. Saat saya masih menggunakan VPS dengan server Nginx dan mau menggunakan .htaccess untuk meredirect semua halaman Not Found ke halaman yang lain, tidak bisa. Sedangkan, Apache memang dari dulu sudah support .htaccess. Tapi, pertanyaannya apakah LiteSpeed bisa menggunakan .htaccess? Sampai saat ini saya masih mencari jawabannya. Lihat juga, Cara Ganti Password Di OpenLiteSpeed

Saat saya mencari jawaban di Google, banyak yang bilang bahwa kode redirect 301 yang dipasang di file .htaccess tidak berfungsi alias tidak bekerja. Ketika saya coba masukan kode redirect 301 di file .htaccess saya, kodenya bekerja. Tapi, untuk halaman tertentu kodenya tidak bekerja. Padahal, saya ingin meredirect semua halaman yang menggunakan www ke halaman tanpa www. Itu saya lakukan, supaya tidak terjadi duplikasi halaman di Google. Sampai saat ini saya masih bingung, kok nggak semua halaman ya bisa dialihkan? Hmmm.. saya juga tidak tahu. Apakah LiteSpeed belum support sepenuhnya kode .htaccess? Mungkin bisa jadi.

Buat anda yang menggunakan server LiteSpeed dan ingin meredirect semua halaman dari domain lama, dari www tanpa ke www bisa mencoba langkah berikut ini, yaitu:
  1. Pertama, buka cPanel > File Manager
    Redirect URL 301 Di LiteSpeed Pakai .htaccess
  2. Setelah itu sisipkan kode berikut ke dalam file .htaccess
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTP_HOST} www.mediaku.net$
    RewriteRule ^(.*) https://mediaku.net/ [R=301,L]
  3. Kemudian Simpan
Penjelasan kode diatas yaitu saya ingin meredirect semua halaman yang menggunakan www ke halaman tanpa www. Untuk meredirect domain lama ke domain yang baru caranya sama diatas, pada RewriteCond (ganti dengan domain lama anda), dan pada RewriteRule (ganti dengan domain baru anda). Lihat juga, Pengalaman Menggunakan ServerPilot

Seperti itulah cara mengalihkan halaman www ke halaman tanpa www maupun domain lama ke domain yang baru. Mengapa kita perlu melakukan redirect 301? Itu dilakukan agar kita tidak kehilangan trafik. Sebelumnya, saya pernah ceroboh lupa memasang redirect 301 pada blog Mediaku ini. Akhirnya, trafik pun menurun. Dan saat ini saya sedang berusaha membenahi blog tercinta saya ini lagi.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)