Solusi HP Asus ZenFone Max (ZC550KL) Ngelag

Sedikit bercerita mengenai hp Asus ZenFone Max yang sering ngelag saat bermain game, atau pun menjalankan aplikasi dan tak jarang sistem pun tidak merespon. Saya adalah salah satu pengguna dari hp tipe ini. Hp Asus ZenFone Max milik saya memiliki RAM 2 GB, setiap kali saya bermain game selalu ngelag. Padahal game yang di instal hanya 1 buah saja. Tapi, tetap saja lemot. Waktu itu hampir kesal juga, pengen rasanya mengganti dengan hp yang baru. Heheh.. tapi hp satu ini sangat tahan sekali. Saya acungi jempol. Itu yang membuat saya masih menggunakan hp tersebut hingga saat ini.

Saya sudah sering kali mencari solusi atas permasalahan yang saya hadapi tersebut di Google, tapi sayangnya tetap saja ngelag saat bermain game. Saya sendiri sudah tidak tahu lagi letak masalahnya dimana. Akhirnya, pada saat saya berkunjung dan membaca postingan yang ada di forum resmi Asus seakan-akan saya mendapatkan sebuah petunjuk.

Kalau dari yang saya baca di forum, hp Asus ZenFone Max ngelag setelah versi Androidnya diperbarui. Seketika saya pun berpikir, memang benar setelah saya mengupdate versi Android di hp saya sering terjadi ngelag saat bermain game. Baca juga, Simpan Aplikasi Di Memori HP Asus

Waktu sebelum saya mengupdate versinya, jarang terjadi ngelag. Setelah muncul notifikasi pembaruan versi untuk hp Asus milik saya dan saya perbarui, memang saat bermain selalu ngelag. Versi awalnya adalah Android versi 5.0.2 (Lollipop), dan versi terbarunya adalah 6.0.1 (Marshmallow)
HP Asus ZenFone Max Ngelag
Seharusnya, kalau versi Androidnya telah ditingkatkan performanya pun juga akan meningkat. Tapi, sayangnya tidak begitu. Setelah versi Androidnya diperbarui, hp malah sering ngelag dan lemot. Saya rasa, versi Androidnya masih belum cocok untuk RAM 2 GB. Terbukti, saat bermain game yang ringan sering ngelag padahal jaringan internet sangat stabil, dan penggunaan RAM-nya cepat sekali meningkat. Itulah yang membuat hp Asus milik saya sering ngelag.

Setelah tahu bahwa versi terbaru tidak terlalu cocok dengan hp saya, akhirnya saya downgrade versinya menjadi versi semula. Awalnya saya sempat bingung tentang cara downgrade versi Android di hp Asus. Tapi, untunglah di Google banyak sekali panduannya. Cukup membantu sekali. Heheh..

Proses downgrade memakan waktu lumayan lama juga. Sebelum melakukan hal tersebut, semua file yang ada di hp saya pindahkan ke memori eksternal (SD Card) dulu. Kalau tidak dipindahkan, maka semua file yang tersimpan di memori internal akan terhapus.

Ketika proses downgradenya telah berhasil, hp langsung saya restart. Setelah di restart apa yang terjadi? Hp saya menjadi error. Hahah.. sempat panik juga waktu itu. Sebab, hp tidak bisa dimatikan. Di layar muncul beberapa error. Menu juga tidak bisa diakses.

Karena bingung, kemudian saya coba untuk melakukan reset pada hp tersebut dengan menekan tombol power dan menahan tombol volume secara bersamaan. Hp saya pun mulai di reset ulang. Setelah proses reset selesai, bersyukur hp tersebut tidak muncul error lagi. Semua menu pun bisa diakses. Kini hp Asus milik saya telah berhasil di downgrade ke versi 5.0.2.

Lalu saya cobalah menginstal beberapa game dan saya pindahkan ke memori eksternal, Alhamdulillah sekarang tidak ngelag lagi. Saya coba mainkan seharian juga tidak ngelag. Saya langsung berpikir, apakah memang benar versi Android 6.0.1 masih belum sempurna untuk diterapkan di hp Asus ZenFone Max (ZC550KL)? Ya! Mungkin saja ada benarnya. Di versi 6.0.1 juga memiliki kekurangan yaitu aplikasi tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Mungkin itu juga yang membuat ruang penyimpanannya cepat penuh, dan kalau sudah capai batasnya ya bisa lemot. Sedangkan, di versi 5.0.2 kita bisa leluasa memindahkan aplikasi dan game ke memori eksternal. Kalau memori eksternalnya memiliki kecepatan dalam membaca data dengan cepat, tentu akan peningkatkan peforma hp saat bermain game. Ini hanya berlaku kalau game yang kita instal tersimpan di memori eksternal.

Kalau cuma mengandalkan memori internal, pasti akan susah. Jadi, itulah yang membuat hp Asus kita menjadi lemot dan ngelag ketika bermain game.

Iklan Atas Artikel

Memuat...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Sahabat Mediaku, jika membutuhkan bantuan silahkan follow dan tanyakan di akun media sosial saya. Terima kasih!