Mempercepat Propagasi DNS Dengan TTL

Pada saat kita pindah hosting dari yang lama ke yang baru, biasanya kita disuruh untuk mengarahkan Name Servernya ke hosting yang baru. Itu dilakukan agar situs kita terarah dengan baik ke hosting yang baru. Nah, rata-rata setelah pindah hosting ke yang baru situs kita atau blog kita tidak bisa langsung diakses. Ada istilah yang namanya propagasi DNS

Menurut saya, propagasi merupakan masa-masa transisi ke alamat server yang baru. Sudah pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, yang berjudul menunggu propagasi DNS. Semua orang yang berpindah ke hosting yang baru tentu pernah mengalami hal ini. Lihat juga, Buat Nama Domain Berdasarkan Keyword

Termasuk saya juga. Sudah beberapa kali pindah hosting sana dan sini, menggunakan domain Mediaku.Net. Sampai akhirnya memutuskan untuk ngeblog di Blogger saja. Tanpa pake ribet. Hehe..
Percepat Propagasi DNS Dengan TTL
Oh, iya. Kita juga bisa mempercepat masa propagasi dengan mengubah TTL (Time To Live). Biasanya di hosting baru rata-rata nilai TTL sebesar 14400 detik atau 4 jam. Atau ada juga nilai TTL-nya 3600 detik atau 1 jam. Tergantung hostingnya. Kalau TTL-nya 4 jam, maka kita harus menunggu selama 4 jam dulu baru situs kita bisa diakses.

Dampaknya, situs kadang bisa diakses dan kadang pula tidak bisa diakses. Itu terjadi karena masa propagasi DNS masih belum selesai. Kalau tidak masu menunggu terlalu lama, ubah saja nilai TTL di cPanel hosting anda menjadi paling rendah. Misalnya, 300 detik atau sama saja dengan 5 menit. Dijamin, situs anda akan bisa diakses pada waktu itu juga. Tanpa harus menunggu lama. Saya sendiri sering melakukan hal ini, saat mau pindah hosting. Atau pun baru membeli hosting. Lihat juga, Tentang Kode EPP Transfer Domain

Tapi, tunggu dulu. Nggak semua hosting mendukung TTL dengan nilai 300 detik. Hanya hosting tertentu saja. Kalau misalnya di hosting anda nilai TTL paling rendah 1800 detik, ubah ke 1800 detik. Artinya, setelah setengah jam atau pun kurang dari setengah jama situs anda akan bisa diakses.

Oh, iya walau pun kita sudah mengubah TTL-nya menjadi paling kecil, dan situs bisa diakses, tetap butuh waktu 24 jam agar situs kita bisa diakses dengan baik dari berbagai wilayah atau negara. Itulah disebut dengan masa propagasi DNS. :)

2 Komentar

  1. Saya sedang setting custom domain dan melakukan pengaturan DNS, terus bingung sama TTLnya, cari di google, alhamdulillah menemukannya di blog ini, terima kasih informasinya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)