Penyebab URL Sitemap Tidak Terjangkau

Pada saat saya mengunjungi Google Webmaster Tools, terdapat dua buah pesan peringatan di sitemap saya. Ketika saya klik ternyata ada pesan yang bertuliskan "URL tidak terjangkau". Apa sih maksud dari peringatan tersebut? Dan apa penyebab URL sitemap kita tidak bisa terjangkau oleh Google-bot?

Kalau kita kaji satu persatu, maksud dari peringatan tersebut ialah saat Google-bot hendak merayapi sitemap blog kita, salah satu dari postingan kita tidak bisa dirayapi. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya adanya masalah terhadap server hosting kita.

Sehingga, beberapa postingan yang ada didalam sitemap memiliki respon waktu yang tinggi. Makanya, Google-bot menganggap URL sitemap kita tidak bisa terjangkau. Baca juga, Dampak Merubah Tanggal Postingan

URL Sitemap Tidak Terjangkau
Akibat dari URL yang tidak terjangkau tersebut, terjadinya penurunan indeks sitemap di Google. Anda bisa lihat sendiri pada gambar diatas, jumlah sitemap saya yang terindeks mengalami penurunan. Kalau seperti ini terus, trafik pengunjung pun akan mengalami penurunan. Oh, iya! Internal Server Error (kode error 500) juga bisa menjadi salah satu penyebab URL tidak dapat terjangkau.

Selain itu, jika anda menggunakan server hosting Indonesia maupun Singapura mungkin akan lebih sering mengalami masalah diatas. Sebab, Google-bot terletak di Amerika. Saat Google-bot mengakses blog kita, kadang koneksi server kita tidak selalu stabil. Kadang putus-putus. Maka munculah peringatan tersebut. Lihat juga, Uji Tampilan Desain Blog Dengan Inspect Element

Sebenarnya kita bisa mengatasi masalah diatas dengan menggunakan CloudFlare. Walau pun server hosting kita terletak di Asia, tapi kalau kita menggunakan IP milik CloudFlare maka situs kita bisa cepat diakses dari belahan dunia mana pun. Dan tidak akan terjadi lagi URL tidak bisa terjangkau.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)