Redirect WWW Ke Tanpa WWW Dengan CloudFlare

Tidak selamanya untuk melakukan redirect domain dari www ke tanpa www harus menggunakan .htaccess. Tanpa mengedit file .htaccess kita juga bisa kok melakukan pengalihan URL pada domain. Caranya yaitu dengan menggunakan CloudFlare. Jika blog anda sudah terintegrasi dengan CloudFlare, anda bisa dengan mudah meredirect halaman www ke halaman tanpa www.

Memang untuk CloudFlare ini saya acungi jempol. Terbukti salah satu blog yang saya gunakan tidak bisa meredirect halaman www ke tanpa www melalui .htaccess, saya tidak tahu apa penyebabnya mungkin karena .htaccess tidak berfungsi di server yang menggunakan LiteSpeed.

Nah, ketika itu saya kebingungan halaman www tidak bisa di redirect ke halaman tanpa www. Padahal sudah saya sisipkan kodenya di .htaccess tapi sayangnya tidak berfungsi. Kemudian, saya baru ingat bahwa halaman apapun bisa di redirect dengan menggunakan CloudFlare. Langsung saya pasang lagi CloudFlare di blog saya tersebut. Dan ternyata berhasil. Semua halaman www di redirect ke halaman tanpa www. Yehee!

Alasan saya meredirect halaman www ke tanpa www, yaitu saya baru saja pindah dari Blogspot ke WordPress jadi semua halaman yang sudah terindeks di Google ketika diakses menjadi error. Sebab, struktur permalink di Blogspot berbeda dengan struktur permalink di WordPress. Makanya, untuk mencegah munculnya kode error 404 (Not Found) saya perlu meredirect semua halaman www ke tanpa www. Lihat juga, Backup DNS CloudFlare

Dengan melakukan redirect juga dapat membantu agar blog kita tidak kehilangan trafik. Awalnya ketika sudah pindah ke WordPress saya lupa mengatur pengalihan link, dampaknya trafik blog tersebut dari hari ke hari menurun. Hmmm.. Akhirnya saya menggunakan CloudFlare untuk meredirect semua halaman ke tanpa www. Bagaimana cara redirect domain www ke domain tanpa www dengan menggunakan CloudFlare? Caranya sebagai berikut, yaitu:

  1. Pertama, masuk ke CloudFlare > pilih Page Rules
  2. Setelah itu klik Create Page Rules
    CloudFlare Redirect Domain WWW
  3. Kemudian, masukan alamat blog anda yang menggunakan www lalu pilih Add A Settings
    CloudFlare Redirect Domain WWW
  4. Pilih Forwading URL
    CloudFlare Redirect Domain WWW
  5. Tinggal masukan alamat blog anda tanpa www, jangan lupa  pilih 301 - Redirect Permanent dan klik Save and Deploy
    CloudFlare Redirect Domain WWW
  6. Selesai
Kini kita telah berhasil meredirect domain yang awalnya menggunakan www ke tanpa www. Sama seperti gambar diatas, saya meredirect domain www.mediaku.net ke mediaku.net. Tapi, cara diatas hanya meredirect halaman depannya saja. Kalau anda misalnya ingin meredirect semua halaman dari www ke tanpa www caranya mudah, yaitu dengan menyisipkan kode bintang diakhir domain seperti ini www.mediaku.net/*

Itu artinya, semua halaman postingan dari domain www akan dialihkan ke halaman tanpa www. Cara ini mencegah terjadinya broken link ketika kita sudah pindah dari Blogspot ke WordPress. Bagaimana? Mudahkan? Selamat mencoba!

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)