Cara Daftarkan Sitemap Ke Google Lewat HP

Sekarang untuk mengirimkan atau mendaftarkan sitemap.xml (peta situs) ke Google sangat mudah sekali untuk dilakukan. Perlu diketahui, bahwa Google Webmaster Tools sudah berganti nama dengan Google Search Console. Kita masih tetap bisa mengakses Google Webmaster Tools, namun untuk statistik blog kita hanya tersedia di Google Search Console. Untuk mengirimkan sitemap juga tidak bisa dilakukan lewat Google Webmaster Tools. Google menyarankan kita untuk menggunakan Google Search Console apabila kita ingin mengirimkan sitemap kita.

Seberapa pentingkah sitemap itu? Dan mengapa kita harus mendaftarkannya ke Google Search Console? Mengirim sitemap ke Google Search Console merupakan salah satu upaya untuk mengoptimasi blog kita. Mendaftarkan sitemap ke mesin pencari terbesar seperti Google, Bing, dan Yandex sangatlah penting. Itu dilakukan supaya semua postingan yang kita buat bisa tampil di ketiga mesin pencari tersebut.

Kan sia-sia, apabila kita menerbitkan sebuah postingan setiap harinya namun tidak seorang pun membaca dan mencarinya. Makanya, dengan mendaftarkan sitemap kita di mesin pencari dapat membantu orang-orang menemukan blog kita. Kalau pengunjung berdatangan setiap harinya tentu itu memberikan rasa senang tersendiri buat kita. Ya kan? Tandanya postingan kita bermanfaat untuk orang lain. Baca juga, Solusi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs

Mungkin itulah salah satu keuntungan yang akan kita dapatkan apabila kita mendaftarkan sitemap ke mesin pencari. Lalu bagaimana cara mendaftarkan sitemap ke Google Search Console lewat hp? Caranya sangat mudah sekali. Tampilan dari Google Search Console yang baru sekarang sudah sangat responsive sekali. Jadi, kalau kita mengakses Google Search Console lewat hp tampilannya akan langsung menyesuaikan dengan tampilan hp.

Langsung saja ke intinya, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan sitemap ke Google Search Console lewat hp, yaitu:
  1. Pertama, buka situs Google Search Console
  2. Kemudian, klik ikon menu dibawah ini:
    Daftarkan Sitemap Ke Google Lewat HP
  3. Setelah itu, pilih Peta Situs
    Daftarkan Sitemap Ke Google Lewat HP
  4. Lalu masukan alamat sitemap anda. Misalnya, mediaku.net/sitemap.xml. Jika sudah, silahkan klik tombol Kirim:
    Daftarkan Sitemap Ke Google Lewat HP
  5. Dan sitemap pun telah berhasil kita daftarkan ke Google Search Console
    Daftarkan Sitemap Ke Google Lewat HP
Selesai! Bagaimana? Mudahkan? Seperti itulah cara, mendaftarkan sitemap ke Google Search Console. Oh, iya jika anda menggunakan Blogspot sitemapnya ada dua buah, yaitu sitemap.xml dan sitemap-pages.xml. Daftarkan saja keduanya ke Google Search Console. Lihat juga, Mengatasi URL Tidak Ada Di Google

Oh, iya! Jika anda mengalami error saat mengirimkan sitemap ke Google Search Console seperti "tidak dapat mengambil peta situs" anda tidak perlu khawatir. Untuk blog baru memang seperti itu. Tinggal tunggu saja, 2-3 hari pasti nanti errornya akan menghilang. Oke! Selamat mencoba!

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)