Cara Masuk (Login) Di VPS Dengan PuTTY

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah layanan yang dapat kita gunakan untuk membangun sebuah situs. Bedanya VPS dengan Shared Hosting ialah kalau Shared Hosting penggunaan sumber daya dibagi-bagi kebeberapa user. Sehingga, kalau salah satu atau beberapa user menggunakan sumber daya berlebihan dalam jangka waktu tertentu akan berdampak ke user lainnya.

Beda dengan VPS, di VPS kita ibarat membangun sebuah apartemen. Di apartemen tersebut kita bebas menentukan dan menggunakan fasilitas yang ada. Sebab, apartemen tersebut adalah milik kita sendiri. Heheh..

Oh, iya! Mengelola VPS bisa jauh lebih repot dibanding menggunakan Shared Hosting. Kalau di Shared Hosting, semuanya fasilitas sudah ada, tinggal kita pakai saja. Sedangkan di VPS, tidak bisa seperti itu. Makanya, kalau anda pertama kali menggunakan VPS pasti akan dilanda rasa dilema. Heheh.. Simak juga, Tutorial Instal OpenLiteSpeed Di CentOS

Seperti judul diatas, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara masuk di VPS. Pada saat kita membeli VPS, biasanya pihak hosting akan memberikan data-data mengenai VPS kita, seperti IP address, dan kata sandi VPS. Hanya itu doang? Ya, hanya itu saja. Lalu bagaimana cara masuk di VPS? Caranya sebagai berikut:
  1. Jalankan aplikasi PuTTY di komputer anda. Kalau anda belum memiliki aplikasi PuTTY, anda bisa mengunduhnya dari Google. Begini tampilan dari PuTTY:
    Cara Masuk (Login) Di VPS Dengan PuTTY
  2. Lalu pada Host Name, masukan IP address VPS anda. Kemudian, klik Open:
    Cara Masuk (Login) Di VPS Dengan PuTTY
  3. Nanti akan muncul tampilan baru dengan latar hitam. Jangan terkejut, karena disinilah tempat kita akan mengelola VPS. Pada login as, masukan username VPS kita biasanya sih root. Kemudian enter, setelah itu masukan kata sandi VPS kita. Kata sandi tidak akan muncul atau tampil dilayar, tinggal anda ketik saja kata sandi VPS anda kemudian tekan tombol enter:
    Cara Masuk (Login) Di VPS Dengan PuTTY
  4. Kini kita sudah berhasil masuk di VPS:
    Cara Masuk (Login) Di VPS Dengan PuTTY
  5. Selesai!
Nah, seperti itulah cara masuk di VPS. Setelah kita berhasil masuk di VPS, tinggal buat deh blog WordPress. Bagaimana cara buatnya, silahkan baca artikel berikut yang berjudul, Instal WordPress Dengan ServerPilot. Oke! Selamat mencoba!

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)