Tentang Banyak Subdomain Di Blogger (Blogspot)

Mungkin anda punya pemikiran yang sama dengan saya. Ketika kita memiliki sebuah domain, lalu melakukan custom domain di Blogger, dan mungkin tiba-tiba suatu hari pengen melakukan custom domain lagi. Tapi, kali ini kita melakukan custom domain dengan subdomain dari domain yang telah kita gunakan di Blogger. Jika anda tidak mengerti mengenai penjelasan saja, saya contohkan saja deh. Hahah..

Misalnya, kita sudah melakukan custom domain dengan alamat www.mediaku.net di Blogger. Nah, suatu hari, kita ingin membuat blog baru lagi di Blogger dan ingin melakukan custom domain dengan alamat blog.mediaku.net. Kalau jadi, nanti kita akan memiliki 2 buah blog dengan alamat yang mirip seperti diatas. Lihat juga, Mengatasi Sitemap Error 404 Not Found 

Yang jadi permasalahannya, apakah bisa melakukan custom domain dan subdomain di Blogger dalam 1 akun? Nah, itulah yang jadi permasalahan saya sampai saat ini. Ternyata, tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Sebenarnya, Blogger sudah memberitahu atau menujukan caranya. Kalau kita ingin melakukan custom subdomain, caranya tinggal tambah CName di Manage DNS dari domain kita seperti ini:

Host: blog.mediaku.net 
Target: ghs.google.com 
TTL: 3600
Kalau itu, saya sudah ngerti dari dulu. Week.. Yang jadi permasalahannya, saat dipasang di Blogger tidak mau teredirect. Berhasil sih dipasang. Tapi, berdampak pada blog saya yang menggunakan domain www.mediaku.net. Blog tersebut, malah nggak bisa teredirect juga. Weleeh!
Tentang Banyak Subdomain Di Blogger (Blogspot)

Kalau domain kita di WordPress, dan kita ingin membuat subdomain di Blogger itu BISA!. Sudah pernah saya terapkan. Tapi, kalau domain dan subdomain kita sama-sama letaknya di Blogger, malah seperti bentrok gitu alamatnya. Huft.

Padahal, saya ingin membuat banyak subdomain di Blogger. Cara lain juga sudah saya tempuh. Yaitu dengan mengarahkan subdomain saya ke layanan DNS gratis dari Namecheap. Jadi, domain utama saya dikelola di CloudFlare, dan subdomain saya dikelola di Namecheap. Saya arahkan subdomain saya ke Name Server dari Namecheap

 Kemudian, dari sana saya buat CName baru seperti diatas lagi. Hasilnya? Bisa sih, tapi lagi-lagi berdampak juga pada domain utama saya. Tidak bisa diredirect. Huah! Karena, capek saya putuskan untuk menghentikan eksperimen saya. Mungkin, rekan-rekan yang sudah berpengalaman bisa memberitahu saya tentang tipsnya. Saya akan menerima masukannya. Lihat juga, Menutup Komentar Otomatis Di WordPress 

Dari eksperimen diatas saya simpulkan, jika domain utama kita sudah terverifikasi di Blogger, atau biasanya untuk melakukan verifikasi harus memasukan CName yang unik, bisa kita lihat saat pertama kali kita melakukan custom domain. Kita disuruh memasukan kode CName yang unik untuk memverifikasi domain kita. Setelah terverifikasi, jika kita menambahkan subdomain, kode CName unik tidak berikan lagi. Itulah mengapa, saya susah melakukan custom subdomain di Blogger.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)