Menguji Situs Mobile Friendly Dengan Tools Google

Sebelum saya memberikan tutorial tentang mengetahui apakah situs kita mobile friendly atau tidak, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai mobile friendly. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan situs mobile friendly?

Menurut saya situs mobile friendly merupakan sebuah situs yang mudah beradaptasi diberbagai perangkat yang kita genggam. Misalnya, hp, tablet, dan semacamnya. Jadi situs mobile friendly akan menyesuaikan dirinya dengan tampilan di hp secara otomatis.

Hmm.. saya rasa ini bisa juga disebut dengan tampilan responsif (responsive). Keduanya memang tidak bisa dipisahkan. Bahkan saya bingung, apakah mobile friendly itu bisa disebut dengan responsive? Lihat juga, Uji Tampilan Blog Dengan Inspect Element 

Kalau situs yang responsive sudah pasti mobile friendly. Heheh.. Hmmm.. entahlah. Sepertinya sama saja. Arti kata friendly sendiri ialah bersahabat. Jadi, situs bersahabat dengan tampilan versi mobile.

Sudah pada tahukan apa itu situs mobile friendly? Kalau sudah, mari kita kembali ke judul utama. Pada artikel ini, saya akan memberikan sedikit tips untuk mengecek dan mengetahui apakah situs/blog yang kita miliki bersahabat dengan perangkat apa pun. Cara mengecek ialah sebagai berikut, anda bisa mempraktekannya sendiri, yaitu:

  1. Kunjungi situs untuk mengecek mobile friendly di search.google.com/test/mobile-friendly
  2. Nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini. Setelah itu masukan alamat situs sobat. Misalnya seperti ini, saya ingin mencoba apakah situs Mediaku.Net mobile friendly atau tidak dengan menginputkan alamat blog. Kemudian klik Uji URL:
    Menguji Situs Mobile Friendly Dengan Tools Google
  3. Google akan mulai mengecek:
    Menguji Situs Mobile Friendly Dengan Tools Google
  4. Dan taraa... inilah hasilnya:
    Menguji Situs Mobile Friendly Dengan Tools Google
Yap! Tampilan blog saya mobile friendly. Sesuai dengan apa yang dikatakan diatas. Heheh..
Halaman ini mobile-friendly. Halaman ini mudah digunakan pada perangkat seluler

Itulah sepenggal kalimat dari Google jika blog kita mobile friendly. Bagaimana dengan anda? Apakah blog anda sudah mobile friendly? Kalau belum, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan template yang responsive.

Sebab, kalau kita menggunakan template responsive, blog kita mudah sekali beradaptasi diberbagai macam hp Android. Kalau saya lihat, malah blog saya paling banyak dikunjungi lewat hp Android. Hahah.. yang berkunjung lewat desktop hanya beberapa persen saja. Maka dari itulah saya menggunakan template yang responsive. Supaya, yang berkunjung bisa nyaman dan ingin mengunjungi blog saya lagi. Hehehe.. Simak juga, Menguji Kecepatan Situs Di Uptime 

Untuk membuat blog menjadi mobile friendly sebenarnya terletak pada kode templatenya. Biasanya untuk menjadikan mobile friendly, menggunakan kode media queries diukuran berapa saja blog kita akan menyesuaikan dirinya.

Kita bisa menentukan, ukuran layar mobile yang kita inginkan. Mengenai hal tersebut sudah banyak yang membahasnya. Tapi, kalau saya masih belajar-belajar mengenai hal ini melalui koding yang terdapat pada template. Kalau di Blogspot, tinggal pakai saja template versi seluler. Otomatis blog kita akan berubah menjadi mobile friendly. Selamat mencoba ya

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)