Notifikasi Server Down Oleh Uptime Robot

Sebuah situs tidak pernah terlepas dari yang namanya server down. Kalau server situs kita sedang down, maka bawaannya pengen pindah ke hosting lain yang servernya jauh lebih stabil. Saya pernah mengalami hal tersebut. Di saat trafik pengunjung blog sedang naik-naiknya, tiba-tiba servernya down beberapa kali. Hasilnya, pengunjung jadi kabur sebagian. Dan saya banyak menemukan halaman error di Google Webmaster Tools. Kalau terus membiarkannya, maka akan berdampak pada trafik pengunjung. Ranking Alexa pun menjadi merosot. Sangat susah sekali sekarang mengembalikan trafik seperti semula. Terlebih lagi saya sering gonta-ganti hosting. Hmm.. pasti berdampak langsung terhadap trafik pengunjung ya kan. Baca juga, Menggunakan Sitemap Validator Di Yandex

Untuk mengatasi hal tersebut, saya menggunakan Uptime Robot. Dengan tools Uptime Robot, kita dapat mengetahui langsung jika situs kita down. Uptime Robot akan mengirimi email notifikasi jika situs kita tidak bisa diakses. Seperti ini contohnya:
Uptime Robot Notifikasi
Terlihat blog Mediaku.Net sudah beberapa kali mengalami down. Notifikasi dari Uptime Robot, langsung dikirim ke email saya. Mungkin anda bertanya-tanya, kok blog Mediaku banyak sekali mengalami server down? Saya bisa jawab! Itu dikarenakan waktu itu saya menggunakan CloudFlare gratisan. Mungkin inilah kelemahan dari CloudFlare gratisan, server blog tidak mengalami masalah namun CloudFlare menganggap servernya bermasalah. Hasilnya, antara CloudFlare dan server blog tidak bisa terhubung dengan baik. Akibatnya, blog tidak bisa diakses untuk sementara waktu.

Kalau menggunakan CloudFlare memang sering terjadi hal seperti itu. Makanya saya coba copot CloudFlarenya, dan sampai sekarang belum ada notifikasi server down lagi dari Uptime Robot. Selain mendapatkan notifikasi server down, kita juga akan mendapatkan notifikasi jika situs kita sudah bisa diakses kembali. Seperti gambar diatas. Uptime Robot ini memang sangat berguna sekali. Apa lagi saya tidak selalu mengakses blog saya. Kalau tidak menggunakan Uptime Robot, maka saya tidak akan tahu kalau server saya sedang down.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)