Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler

Baru-baru ini salah satu blog saya mendapatkan sebuah email peringatan dari Google Search Console. Di dalam email bertuliskan bahwa blog saya mengalami masalah pada kebergunaan seluler. Awalnya saya bingung apa maksudnya. Setelah mencari informasi mendalam mengenai hal ini akhirnya saya tahu penyebab terjadinya masalah kebergunaan seluler tersebut.
Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ada beberapa masalah yang ditemukan pada blog saya diantaranya area pandang tidak disetel, konten lebih lebar dari layar, elemen yang diklik terlalu berdekatan satu sama lain, dan teks terlalu kecil untuk dibaca. Baca juga, Menghilangkan Garis Merah Tulisan Di Blog

Banyak jugakan masalah pada blog saya tersebut? Sebenarnya apa sih penyebab masalah kebergunaan seluler bisa muncul? Salah satu penyebab hal ini bisa terjadi yaitu template yang digunakan tidak responsive. Yap! Inilah penyebab utamanya.

Jika saat ini anda masih menggunakan template yang standar dan belum responsive, sebaiknya mulai sekarang anda ganti template anda ke template yang responsive. Responsive sendiri disini artinya adalah tampilan blog secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar di hp. Mau ukuran berapa pun layar hp atau tablet anda, tampilan blog akan langsung menyesuaikan dengan layar hp.

Nah, inilah salah satu keunggulan jika kita menggunakan template yang responsive. Anda tidak perlu repot-repot mencari template yang responsive, saat ini di internet sudah banyak sekali template responsive yang bertebaran. Tinggal anda pilih saja yang cocok dengan selera anda.

Jika kita sudah menggunakan template yang responsive namun masalah kebergunaan seluler masih muncul bagaimana cara mengatasinya? Pertama, cari tahu apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada gambar diatas ada 4 buah yang menyebabkan munculnya masalah kebergunaan seluler.

Pada kasus pertama dan kedua, cara mengatasinya sangat mudah yaitu segera ganti template anda ke yang responsive. Sedangkan untuk kasus ketiga, cara mengatasinya yaitu dengan memberi jarak antara satu elemen dengan elemen yang lain, tulisan dan elemen lainnya jangan terlalu berdekatan. Beri jarak sedikit untuk tiap elemen.

Dan untuk kasus yang terakhir, cara mengatasinya yaitu dengan mengatur ukuran teks di blog. Ukuran teks yang terlalu kecil di layar hp akan membuat pembaca sedikit risih. Pastikan anda mengatur ukuran teksnya menjadi standar atau bisa dibaca oleh pengunjung. Di blog ini, saya mengatur ukuran teksnya menjadi 17px. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan yang anda inginkan, tapi ingat teksnya jangan terlalu kecil. Lihat juga, Di Crawl, Saat Ini Tidak Diindeks

Jika anda sudah melakukan semuanya, tinggal tunggu deh sampai Google Search Console merayapi blog kita lagi. Nanti, pasti masalah kebergunaan seluler dapat terselesaikan seiring dengan berjalannya waktu.

Nah, cukup sekian penjelasan mengenai cara mengatasi masalah kebergunaan seluler. Semoga memberikan manfaat untuk semuanya.

6 Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)