Mengatasi Kesalahan Tidak Ada Tag XML

Membahas mengenai permasalahan sitemap.xml yang terjadi di Google Webmaster Tools, memang tidak pernah ada habisnya. Salah satunya yang baru-baru ini terjadi pada blog saya. Ketika saya berkunjung ke Google Webmaster Tools, saya melihat ada warning pada peta situs (sitemap) saya. Pas saya klik apa permasalahannya, disana tertulis "Tidak Ada Tag XML".

Saya kaget, sebab saya baru pertama kali mengalami hal ini. Selama saya ngeblog, saya belum pernah mengalami hal tersebut. Baca juga, Solusi URL Ditandai Noindex
Mengatasi Kesalahan Tidak Ada Tag XML
Apa sebenarnya maksud dari pesan diatas? Apakah itu ada hubungannya dengan saya merubah semua tanggal di postingan? Mungkin bisa saja ada hubungannya, mengingat semua format sitemap yang dihasilkan oleh plugin Google XML Sitemaps seperti ini contohnya:
mediaku.net/sitemap-pt-post-2015-09.xml
Bisa anda lihat, format sitemapnya berdasarkan tahun dan bulan ya kan? Jadi, kalau saya rubah semua tanggal postingan tentu sitemapnya juga ikut berubah. Google-bot mungkin menganggap didalam sitemapnya sudah tidak ada postingan. Makanya muncul error seperti diatas. Saya rasa, ini hanya terjadi kalau kita menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Sedangkan, kalau anda menggunakan sitemap dari Yoast saya rasa tidak akan ada masalah kalau kita merubah tanggal postingan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Caranya sangat gampang sekali, yaitu:
  1. Pertama, kunjungi situs Google Search Console
  2. Pilih Peta Situs > lalu klik Kirim Kembali
    Mengatasi Kesalahan Tidak Ada Tag XML
  3. Tunggu beberapa hari. Nanti pasti warningnya akan hilang. Selesai!
Mengapa kita perlu mengirim ulang sitemap kita? Itu dikarenakan adanya perubahan tanggal yang ada didalam sitemap kita. Makanya, kita harus mengirim ulang sitemap kita. Sebenarnya, tanpa melakukan apapun sitemapnya akan otomatis berubah kok, tapi memakan waktu yang lama. Dengan cara tersebutlah, kita bisa mempercepat perubahan yang ada didalam sitemap.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)