Solusi DNS Error Di Google Search Console

Pada hari ini, status DNS saya di Google Search Console sudah berubah menjadi warna hijau. Itu artinya tidak ada masalah lagi terhadap DNS saya. Sebelumnya, status DNS saya di Google Search Console berwarna merah. Pas saya klik, muncul pemberitahuan seperti ini:
Google couldn't access your site because of a DNS error
Yang artinya Google tidak dapat mengakses situs saya karena ada permasalahan di DNS. Pada hari itu saya langsung panik. Loh, kok bisa seperti itu? Saya ingat-ingat lagi, apa yang saya lakukan sehari sebelum DNS-nya error.
Solusi DNS Error Di Google Search Console

Wah! Apakah ini dikarena saya mengganti Name Server di domain saya? Ya! Itu bisa jadi. Namun, selama ini saat saya mengganti Name Server yang lama ke yang baru aman-aman saja kok. Tapi, kenapa kali ini Google Search Console menganggap DNS saya error? Lihat juga, Kode Error 404 Di Google Search Console 

Saat saya mencari referensi di Google tentang permasalahan tersebut, ternyata penyebabnya karena saya salah mengatur CName record pada domain saya. Di DNS domain saya, saya memasukan CName dengan format seperti ini:

Name: ghs.google.com
Host: www
TTL: 1800
Dan itu ternyata salah! Alias terbalik! Seharusnya yang benar adalah seperti ini:
Name: www
Host: ghs.google.com
TTL: 1800

Mengapa bisa sampai terbalik? Itu dikarena saya melihat pengaturan DNS saya yang ada di Namecheap sebelumnya. Makanya, saya salah memasukan data untuk Host. Walau pun, saya salah memasukan data atau pun terbalik, situs saya tetap bisa diakses tanpa www dan juga pakai www. Cuma, di Google Search Console akan muncul peringatan DNS error. Lihat juga, Mengatasi URL Tidak Ada Di Google 

Jika kita sudah mengatur ulang DNS-nya dengan benar, di Google Search Console masih akan tetap muncul DNS error. Saya saja, setelah menunggu 3 hari barulah DNS di Google Search Console berwarna hijau. Ternyata butuh waktu juga.

Jadi, kalau anda mengalami DNS error di Google Search Console, pastikan pengaturan record NS, A, CName, dan lain sebagainya sudah benar. Jangan sampai terbalik atau pun tertukar. Rasanya lega, masalah DNS error di Google Search Console bisa teratasi dan menambah pengalaman tentang DNS. Heheh :)

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)