Tentang URL Redirect 301 Di Namecheap

Sedikit bercerita, tadi ketika saya hendak menggunakan dan mensetting layanan free dns dari Namecheap, saya menemukan ada dua buah url redirect dibagian pengaturan domain. Yang pertama, url redirect dan yang kedua ialah url redirect 301.

Lantas saya bingung, kok bisa ada dua? Sebenarnya, apa sih perbedaannya? Dan inilah jawaban dari Namecheap yang saya kutip langsung dari situsnya:

url redirect This record type is used when you wish to configure your domain in the following way. When the users type the name of your domain in the address bar, they are redirected to any specific web page.
Ada pun artinya dari tulisan diatas, yaitu:
url redirect Jenis catatan ini digunakan ketika anda ingin mengkonfigurasi domain anda dengan cara berikut. Ketika pengguna mengetik nama domain anda di address bar, mereka diarahkan ke halaman web tertentu.
Lalu untuk url redirect 301, berikut ini penjelasannya dari Namecheap:
url redirect 301 This option should be used when you wish to permanently redirect your domain to some specific url. In this case search engines are notified of a permanent address change and the values of internal links are transferred to the new site.
Ada pun artinya, yaitu:
url redirect 301 Pilihan ini harus digunakan ketika anda ingin mengarahkan secara permanen domain anda ke beberapa url tertentu. Dalam hal ini mesin pencari akan diberitahu tentang perubahan alamat tetap dan nilai-nilai internal link dipindahkan ke situs baru.
Dari penjelasan diatas, saya menjadi mengerti. Bahwa, untuk mengarahkan secara permanen url blog tanpa www ke www, opsi yang dipilih ialah url redirect 301. Misalnya seperti ini, saya ingin mengarahkan url blog mediaku.net ke www.mediaku.net secara permanen. Opsi yang harus saya pilih ialah url redirect 301. Mengapa harus url redirect 301? Itu dilakukan agar tidak terjadi duplikasi pengindexan domain di Google. Cukup url blog www.mediaku.net saja yang terindex di Google. Lihat juga, Perubahan Alamat Domain Di Google Search Console
Tentang URL Redirect 301 Di Namecheap

Serta, agar jumlah backlink antara menggunakan www dengan tanpa menggunakan www tidak berbeda, menurut rekan-rekan blogger itulah salah satu manfaat dari url redirect 301. Jumlah backlink akan sama, baik menggunakan www maupun tanpa www. Lihat juga, Cara Mengatasi Your Domain Has Expired 

Lalu, bagaimana dengan url redirect biasa? Menurut saya, ini fungsinya hanya untuk pengalihan sementara saja. Oh, iya. Ketika saya cek menggunakan tool Redirect Checker, url blog mediaku.net sukses diarahkan permanen ke www.mediaku.net. Itulah sekilas mengenai url redirect. Saya juga baru tahu tentang hal ini. Ternyata, url redirect 301 berguna sekali pada saat kita berganti domain. :)

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)