Server Indonesia (Jakarta) Lebih SEO Di Google

Tidak terasa sudah hampir 1 bulan saya mengganti lokasi server hosting saya. Awalnya salah satu blog saya menggunakan server Singapura, lalu saya meminta pihak hosting untuk memindahkan situs saya ke server Indonesia saja. Dan ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan server lokal. Selama bertahun-tahun ngeblog di WordPress saya selalu memilih server Singapura. Alasannya adalah server Singapura lebih stabil dan jarang down. Dulu sempat juga menggunakan server Kanada, memang jika situs diakses dari mana saja terasa cepat. Tapi kelemahannya adalah kalau kita mengunggah file, terasa sangat lama sekali. Hingga akhirnya memutuskan kembali menggunakan server Singapura.

Kalau boleh dibilang, saya tidak terlalu ahli dalam melakukan optimasi pada blog WordPress. Beberapa postingan yang dulunya berjaya saat menggunakan Blogspot, kini tenggelam ketika beralih ke WordPress. Hampir sebagian blogger mengatakan bahwa lokasi server dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Banyak yang mengatakan kalau target pengunjung kita berada di Indonesia, sebaiknya gunakanlah server Indonesia. Awalnya saya tidak percaya akan hal tersebut. Tapi, setelah saya mengganti lokasi server saya menjadi server Indonesia barulah saya takjub melihat perubahan yang terjadi. Lihat, Cara Ganti Lokasi Server Hosting

Dampak positif yang paling terasa adalah postingan lama yang awalnya tenggelam, kini perlahan-lahan muncul kembali di halaman pertama Google. Entah ini sebuah kebetulan ataukah tidak. Serta dari segi trafik pun mengalami peningkatan.
Server Indonesia Lebih SEO
Data diatas merupakan data yang saya ambil dari Search Console. Dari hari ke hari penayangan dan jumlah klik di Google untuk situs saya tersebut terlihat adanya peningkatan.
Server Indonesia Lebih SEO
Kalau ini data yang saya ambil dari Google Analytics. Itu merupakan perbandingan trafik antara minggu ini dan minggu lalu. Beberapa minggu yang lalu memang saya masih menggunakan server Singapura. Untuk trafik selama menggunakan server Singapura digambarkan seperti garis putus-putus.

Saya tidak menyangka, ternyata server yang digunakan dapat mempengaruhi semuanya. Setelah saya menggunakan server Indonesia malah trafik pengunjung blog saya makin meningkat setiap minggunya. Itu artinya kita tidak boleh memandang sebelah mata server lokal. Ternyata server Indonesia lebih SEO di Google. Dengan catatan, target pengunjung blog kita adalah masyarakat Indonesia. Serta kualitas konten juga dapat mempengaruhi peringkat di Google.

Buat anda pengguna CloudFlare, menurut saya CloudFlare tidak cocok digunakan di server Indonesia. Sering terjadi error. Salah satunya adalah muncul kode error 524

Maka dari itulah saya tidak memasang CloudFlare lagi di blog saya tersebut. Oh, iya nanti akan saya update lagi tentang peningkatan salah satu blog saya yang menggunakan server Indonesia setelah 1 bulan kemudian. Oke! Nantikan saja ya! Tapi yang jelas, memang lokasi server dapat mempengaruhi posisi di Google menurut saya.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)