Mengetahui Penggunaan Disk Di VPS

Beberapa minggu belakangan ini, saya sedang belajar sedikit demi sedikit mengenai VPS. Karena memang, saya baru pertama kali menggunakan VPS. Jadi wajar masih butuh ilmu dan panduan agar bisa mengelola VPS dengan baik. Saya sering membaca mengenai VPS di internet. Termasuk postingan saya kali ini, ilmunya saya pelajari dari internet juga.

Bagi yang menggunakan VPS unmanaged pasti akan sedikit kebingungan untuk melihat pemakaian disk di VPS. Ya kan? Hehe.. untuk melihat penggunaan disk di VPS caranya sangat mudah sekali. Kita dapat mengetahui lewat SSH dengan menggunakan aplikasi PuTTY. Simak juga, Cara Instal EasyEngine + WordPress

Berikut ini panduan agar kita bisa mengetahui pemakaian disk di VPS, yaitu:
  1. Pertama, masuk ke root VPS anda dengan menggunakan PuTTY. Caranya bisa dilihat dipostingan saya DISINI
  2. Setelah itu ketik:
    df -h
  3. Nanti akan muncul hasil pemakaian disk seperti ini:
    Mengetahui Penggunaan Disk Di VPS
  4. Nah, pada gambar diatas terlihat bahwa folder /dev/vda1 menggunakan disk di VPS saya sebesar 2.2 GB. Pada awalnya, saya nggak tahu isinya apa saja kok bisa banyak gitu menggunakan disk. Tapi, setelah baca-baca posting di blog tetangga, akhirnya saya tahu cara melihat isi dari folder /dev/vda1. Caranya, ketik:
    cd /usr
  5. Otomatis nanti kita akan beralih ke folder /usr. Setelah berada di folder /usr, ketik:
    du -h --max-depth=1
  6. Hasilnya, kurang lebih akan tampil seperti ini:
    Mengetahui Penggunaan Disk Di VPS
  7. Nah, itulah folder yang menghabiskan banyak disk. Ternyata, ada beberapa folder yang menggunakan disk lumayan banyak. Kalau kita pecah lagi dengan menggunakan cd /usr/lib lalu memasukan du -h --max-depth=1 seperti langkah 4 dan 5 diatas, nanti akan tampil hasilnya yang lebih kompleks
  8. Selesai!
Seperti itulah, cara mengetahui pemakaian disk di VPS dan sekaligus mencari folder yang menghabiskan banyak disk. Tapi kita harus berhati-hati, jangan langsung main hapus folder atau file di VPS bisa-bisa akan berdampak pada situs kita. Heheh.. itulah resiko kalau menggunakan VPS unmanaged. Tapi, jalani aja. Selamat mencoba ya! :)

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)