Cara Instal EasyEngine Sekaligus WordPress

Apa itu EasyEngine? Mungkin banyak dari anda yang belum mengenal EasyEngine. EasyEngine adalah salah satu layanan Open Source yang dapat kita manfaatkan untuk membangun sebuah situs dengan menggunakan server pribadi (VPS). Dengan EasyEngine kita dapat membuat blog WordPress menjadi lebih cepat dan mudah. Kalau kita pertama kali membuka situs EasyEngine, mungkin kita akan beranggapan bahwa situsnya terlihat tidak meyakinkan.

Tapi, jangan memandang sebelah mata loh. Saat ini, EasyEngine sudah digunakan oleh situs-situs besar. Dan direkomendasikan bagi kita yang ingin membuat blog WordPress dengan server Nginx, tanpa ribet dan berbelit-belit. Simak juga, Mengatasi Error 524 CloudFlare

Seperti yang kita ketahui, server Nginx lebih baik daripada Apache. Situs sebesar WordPress.com saja, sampai saat ini masih menggunakan Nginx. Walau pun sekarang sudah ada LiteSpeed, namun pihak WordPress masih mempercayakan Nginx sebagai server utamanya. Dan kali ini saya akan pandu anda untuk menginstal EasyEngine dan sekaligus membuat blog WordPress di VPS. Caranya sebagai berikut:
  1. Pertama, perlu diingat EasyEngine hanya dapat di instal di VPS yang menggunakan sistem operasi Ubuntu 12.04, Ubuntu 14.04, Ubuntu 16.04, Debian 7 dan Debian 8. Silahkan pilih salah satu sistem operasinya.
  2. Setelah itu masuk dan login ke VPS anda lewat terminal SSH, bisa menggunakan PuTTY maupun Xshell.
  3. Untuk menginstal EasyEngine, ketik perintah:
    wget -qO ee rt.cx/ee && sudo bash ee
    Cara Instal EasyEngine Sekaligus WordPress
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai, nanti akan diminta mengisi nama dan alamat email. Silahkan isi nama dan email anda.
  5. Kini EasyEngine telah berhasil di instal. Sekarang waktunya kita membuat blog WordPress dengan menggunakan EasyEngine, caranya ketik:
    sudo ee site create Mediaku.Net --wp
    Cara Instal EasyEngine Sekaligus WordPress
  6. Ganti Mediaku.Net dengan alamat domain anda. Ketika prosesnya selesai, jangan lupa copy data-data penting seperti username dan kata sandi blog WordPressnya.
  7. Selesai!
Cara mengetahui apakah kita berhasil membuat blog WordPress dengan EasyEngine, caranya mudah tinggal akses saja domain blog anda. Kalau terbuka, maka itu tandanya sukses! Lihat juga, Ganti Lokasi Server Hosting

Pengalaman saya menggunakan EasyEngine selama berbulan-bulan belum menjumpai sebuah masalah. Menurut saya EasyEngine ini sangat bagus sekali. Sebab, seperti yang saya katakan blog yang kita buat dengan EasyEngine kalau diakses terasa sangat ringan sekali.

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)