Fungsi Lubang Kecil Pada Mesin Filter Aquarium

Pada saat anda baru pertama kali membeli mesin filter untuk aquarium, mungkin anda bertanya-tanya apa fungsi dari lubang kecil yang terdapat mesin filter tersebut ya kan? Pada mesin filter aquarium (celup) standar terdapat beberapa lubang di bodi mesin filternya. Contohnya, mesin filter merek Top Filter HF-650. Pada mesin Top Filter HF-650, terdapat empat buah lubang disisi kanan dan kiri, serta dibawahnya. 4 buah lubang tersebut terdiri dari 3 buah lubang yang besar dan 1 buah lubang yang kecil. Contohnya, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Fungsi Lubang Kecil Pada Mesin Filter Aquarium
Ada pun fungsi dari lubang-lubang tersebut bermacam-macam. Lubang pertama berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan gelembung udara didalam air. Lubang kedua berfungsi untuk menyerap kotoran atau pun sisa-sisa makanan yang terdapat pada aquarium. Pada lubang kedua ini biasanya ada tambahan aksesoris lagi berbentuk kerucut, fungsinya mencegah agar ikan tidak tersedot kedalam mesin filter. Jika di aquarium anda memelihara ikan yang ukurannya kecil-kecil, sebaiknya ada memasang aksesoris tambahan tersebut. Sehingga kita tidak perlu khawatir, kalau ikan-ikan tersebut tersedot kedalam mesin filter.

Berikutnya, lubang ketiga berfungsi untuk mengeluarkan kotoran atau pun sisa-sisa makanan yang terdapat pada aquarium. Jadi, setelah semua kotoran tersebut disedot maka akan dikeluarkan melalui lubang ketiga ini.

Pada lubang ketiga ini, juga terdapat aksesoris tambahan yaitu selang filter biasanya berwarna biru seperti yang ditunjukan pada gambar diatas. Pasanglah selang tersebut ke lubang yang ketiga. Dan jangan lupa pasangkan juga selang tersebut ke kotak filter. Sehingga, semua kotoran yang tersedot dalam lubang kedua, akan dikeluarkan langsung dari lubang ketiga menuju kotak filter. Nah, didalam kotak filter inilah semua kotoran akan disaring terlebih dahulu. Sehingga, membuat air aquariumnya tidak gampang kotor. Lihat juga, Menanam Carpet Seed Tanpa Pupuk Bisa Tumbuh

Dan terakhir adalah lubang keempat. Yup! Ukurannya lebih kecil dibanding ketiga lubang tersebut. Ada pun fungsi utama dari lubang kecil keempat ini adalah untuk menyedot udara. Sehingga, lubang pertama dapat mengeluarkan gelembung udaranya. Agar udara dapat tersedot, kita harus memasang aksesoris tambahannya berupa selang udara. Selang udara ini, bentuknya lebih kecil diameternya hampir seukuran diameter pipet.

Pasangkan selang udara tersebut ke lubang yang keempat, dan jangan lupa menaruh ujung dari selang udara tersebut keluar dari aquarium. Kenapa begitu? Kalau anda meletakan selang udaranya didalam air, air yang ada dalam aquarium akan tersedot dan tidak akan bisa menghasilkan gelembung udara. Maka dari itulah, letakan ujung dari selang udara tersebut diluar aquarium. Lihat juga, Fungsi Tutup Kecil Pada Mesin Filter Aquarium

Nah, bagaimana? Sudah terjawabkan fungsi dari lubang kecil pada mesin filter aquarium? Yap! Semoga bermanfaat ya!

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetHai! Jika suka dengan blog ini, yuk Like dan Follow akun Mediaku di Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks!