Cek Penggunaan Bandwidth Hosting Terpakai

Apa itu bandwidth? Bandwith adalah besarnya kapasitas trafik yang bisa ditampung. Pengertiannya itu sih kalau menurut saya. Setiap hosting memiliki kebijakan dalam menentukan jatah bandwidth untuk masing-masing penggunanya. Jika dalam waktu kurang dari 1 bulan jumlah bandwidth yang terpakai sudah habis, apa yang akan terjadi? Blog tidak akan bisa diakses. Itulah yang akan terjadi. Blog akan dapat diakses kembali, kalau kita sudah menambah jumlah kapasitas bandwidthnya atau mengupgrade hosting kita.

Tapi lebih enak lagi kalau hosting yang kita gunakan memilih bandwidth tak terbatas alias unlimited. Jadi nggak perlu khawatir atau takut kehabisan bandwidth. Karena saya menggunakan hosting DomaiNesia, kapasitas bandwith saya unlimited. Lihat juga, Pengalaman Beli Hosting Diskon 90%

Bagaimana cara menghitung bandwidth? Misalnya, blog kita memiliki ukuran 1 MB itu sudah termasuk gambar dan segala macamnya. Dan katakanlah blog kita diakses sebanyak 300 kali perhari. Jadi, jumlah penggunaan bandwidth tiap harinya ialah 1 MB x 300 = 300 MB/hari. Dari situ disimpulkan bahwa setiap hari jumlah bandwidth yang terpakai adalah 300 MB. Kalau dalam 1 bulan berarti kita menggunakan bandwith sebesar 9000 MB (9 GB). Semakin ramai yang mengunjungi blog kita, semakin banyak pulalah bandwidth yang akan terpakai. Perlu juga kita ketahui, penggunaan bandwidth akan di reset setiap masuk bulan baru. :)

Bagaimana cara mengetahui penggunaan bandwidth di blog kita? Caranya tinggal masuk ke cPanel hosting, disana kita bisa melihat rata-rata penggunaan bandwidth setiap hari. Seperti ini hasilnya:
Cek Penggunaan Bandwidth Hosting Terpakai
Dari gambar terlihat, jumlah bandwidth yang terpakai sebesar 10.38 GB. Besar juga ya. Heheh.. simbol disamping itu artinya unlimited.
Cek Penggunaan Bandwidth Hosting Terpakai
Gambar diatas menjelaskan jumlah penggunaan bandwidht dalam waktu 24 jam terakhir.
Cek Penggunaan Bandwidth Hosting Terpakai
Kalau yang diatas adalah total penggunaan bandwith setiap bulannya. Itulah statistik penggunaan bandwith pada blog saya. Bagaimana dengan blog anda? Berapa bandwidth yang terpakai tiap bulannya? Silahkan share disini. Lihat juga, Mengubah Warna Tampilan cPanel

Tambahkan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Sedang memuat halaman...

Welcome, Mediaku.Net

Admin Mediaku.NetLike Facebook: Mediaku - Twitter: @MF4dhli - Instagram: @MF4dhli. Thanks! :)